5 Komentar

MEMBEDAKAN KULIT ASLI DENGAN KULIT IMITASI


BS
jaket-kulit-garut-300x300
 TIPS MEMBEDAKAN  KULIT ASLI DENGAN KULIT IMITASI ( SINTETIS)
Banyak sekali pertanyaan  tentang cara membedakan kulit asli (genuine leather) dengan kulit Imitasi/ Syntetik (synthetic leather). Sekilas memang sulit untuk dibedakan, apalagi tingkat teknologi pengolahan bahan baku yang semakin canggih, sehingga menuntut konsumen untuk jeli dalam memilih produk.

BS Akan  informasikan beberapa tips untuk membedakan mana kulit asli dan mana kulit imitasi

 PESAN BS
1.     Dilihat lebih teliti: Kulit asli dan kulit imitasi bisa dibedakan dari permukaannya. Genuine leather (kulit asli) permukaannya tidak rata, pori-porinya lebih tidak beraturan dan tidak konsisten karena natural (bawaan dari sono nya hehe), sehingga sering ditemui ada beberapa bagian yang halus ada juga bagian yang berkerut. Dan untuk mengambil bagian yang halusnya saja tentu saja akan membutuhkan berlembar-lembar kulit, karena pastinya akan ditemui bagian yang berkerut disetiap lembaran bahan baku kulit. Sedangkan kulit imitasi/ syntetik semua permukaannya cenderung sama atau rata, kan dibuatnya sama cetakan mesin jadi menghasilkan produk dengan tekstur yang konsisten.
2.     Rabalah bagian permukaannya. Apabila terasa sangat halus, kemungkinan besar bahan tersebut adalah vinyl. Karena kulit asli biasanya agak terasa kasar dengan keberadaan pori-pori tempat tumbuhnya bulu. Yang paling halus adalah kulit domba. Tetapi tingkat kehalusannya tidak seperti imitasi, kulit domba bisa dibilang halus tapi halus yang khas.
3.     Dicium aromanya. Kulit sintetis akan berbau obat kimia polimer. Sedangkan kulit asli akan berbau seperti bahan penyamaknya. Apabila menggunakan bahan penyamak krom, maka baunya akan seperti bahan Chrom. Begitupun dengan kulit samak nabati, baunya akan terasa seperti bahan penyamaknya tersebut tergantung bahan nabati yang dipakai.
4.     Dibakar. Weleh ekstrim sangat ya… Hehe emang benar cara untuk meyakinkan kulit asli atau imitasi salah satunya dengan cara dibakar. Kulit imitasi ketika didekatkan api akan mudah terbakar dan menyisakan bau plastic karena pada umumnya terbuat dari bahan plastic dan hasil akhirnya berupa gumpalan-gumpalan lengket seperti plastic yang dibakar. Sedangkan kulit asli tidak mudah terbakar, dan jika lama sekali terkena api ya tentu saja akhirnya terbakar juga dan menghasilkan abu.
5.     Yang terakhir bisa dibedakan dari harga, kulit sintetik cenderung lebih murah karena terbuat dari bahan plastic dan kain. Sedangkan kulit asli cenderung lebih mahal tentu saja karena bahan baku yang terbatas dan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkannya ( bayangkan saja untuk dapet satu jaket kulit mesti mengorbankan nyawa tiga sampai lima domba, belum lagi susahnya beternak… mesti potong rumput pula hehehe)
CARA MERAWAT JAKET KULIT
1.Tips Agar Jaket kulit Tidak kusut
 Kali ini BS akan memberikan tips Agar Jaket kulit kesayangan kita tidak kusut Kalau kita punya Jaket Kulit sudah hampir 1 tahunan, mungkin ada dibeberapa bagian jaket kulit suka kusut ( mengkerut) .
salah satu contoh seperti Jaket kulit motor , bagian yang sering kusut dan mengkerut adalah dibagian tangan , untuk jaket kulit yang biasa dipaki berkendaraan roda empat ( mobil ) bagian yang mengkerut
biasanya dibagian belakang , ini dikarenakan anda sering duduk dibelakang kemudi dan jaket kulit kesayangan kita menempel dijok mobil . Sebenarnya ini tidak akan terjadi kalau anda merawat jaket kulit keasayang secara teratur , oleskan lotion/pelembab biasa pada jaket anda secara teratur minimal 1 minggu sekali , kami yakin jaket anda akan lentur dan enak dipakai sama halnya kita merawat tubuh kita , bila kita rajin merawatnya tentunya akan kelihatan fresh dan Ginclong. Lalu bagaimana kalau Jaket Kulit sudah terlanjur mengkerut ? ….
Baik tips berikut adalah solusinya :
1. Oleskan Lotion Biasa pada permukaan Jaket Kulit ( lebih sip bila
    memakai campuran pelembab dan anti jamur khusus jaket kulit)
    oleskan secukupnya .
2. Tempelakn kertas Hvs 2-3 lembar pada permukaan Jaket Kulit yang
    sudah diberi pelembab
3. Setrika permukaan Hvs yang menempel pada permukaan jaket lalu
    setrika dengan suhu secukupnya tergantung kerutan
4. Bila kerutannya akut dan susah , oleskan air pada permukaan jaket
    dan lapisi dengan kertas lalu setrika,
5. Ulangi beberapa kali sampai Jaket Kulit anda kembali seperti semula .
Ingat jangan setrika Jaket kulit langsung tanpa dilapisi ketas Hvs karena akan mengakibatkan kerusakan pada permukaan Jaket Kulit anda

2.Untuk Menghilangkan Tulisan Emboss Pada Jaket Kulit
Bagaimana sih caranya kalau Logo ( Emboss) yang menempel pada jaket kulit di hilangkan ( dirapihkan ) .
Berikut adalah tipsnya
1. Oleskan pelembab – obat anti jamur dan lotion bisa campur dengan
    air sedikit ( jangan terlalu banyak
2. Lapisi permukaan Jaket Kulit dengan kertas Hvs lalu setrika dengan
    suhu secukupnya
Perhatian;  Bila suhu terlalu panas ini akan mengakibatkan permukaan Jaket Kulit jadi rusak .
3.Tips mengecat Jaket Kulit
Berikut adalah tips Jaket kulit yang sudah pudar catnya
Apabila kita punya Jaket Kulit yang sering dipakai apalagi sudah berumut 5 tahun keatas , tentunya jaket kelihatan agak kusam dan lagi tidak menarik
1. Jangan pernah cat Jaket Kulit ditempat pengecatan biasa ,
lihatlah campuran bahan yang digunakan ( karena bila salah dalam campuran obatnya bisa mengakibatkan jaket kesayangan anda rapuh dan kaku )
2. Cat jaket kulit kesayangan anda pada toko jaket kulit yang berlisensi dan pada tenaga ahli yang professional dalam bidang Jaket kulit
4.Tips Memilih Jaket kulit
 Bagaimana sih  kalau memilih jaket kulit yang baik kualitasnya ? Pertanyaan ini menduduki peringkat pertama yang ditanyakan oleh para pecinta jaket kulit .
1. Pastikan anda membeli jaket kulit produk garut , karena produk
    jaket kulit garut adalah produk No.1 Se-Asia
2. Hati hati dengan penipuan yang mengatas namakan Jaket kulit
    Produk Asli Garut
3. Pastikan Jaket kulit jangan terlalu Tebal gunakan standart ketebalan para pengrajin Jaket Kulit garut , beberapa pengrajin yang nakal biasanya memberikan cat yang tebal untuk menutupi permukaan jaket yang rusak , kalau sepintas orang awam melihatnya barang bagus tetapi lama kelamaan kualitas kulit akan kelihatan ( untuk penjelasan ini akan kami jelaskan pada kesempatan lain ).
5.Perbedaan Jaket Kulit Domba Jaket Kulit Sapi
   a. Jaket Kulit dan Kambing
Pada kesempatan kali ini BS akan memberikan kupasan tuntas mengenai bahan yang dipakai untuk pembuatan Jaket Kulit hati-hati bagi para pembeli jangan sampai tidak mengetahui mana  jaket kulit Domba Asli dengan jaket Kulit dengan bahan bukan domba Asli Garut
Dizaman modern saat ini apasih yang tidak bisa ditiru, kemajuan teknologi membuat orang semakin berfikir untuk menjiplak sebuah produk seperti layaknya produk asli . salah satu contoh apa sih bedanya Jaket Kulit Domba Jaket Kulit Sapi Jaket Kulit dan Kambing Kalu orang awam mungkin 80 % tidak mengetahui mana Produk asli  Jaket Kulit Domba dan Produk Palsu , maka jangan heran kalau ada  orang yang menawarkan jaket kulit dengan harga 300 ribu sampai  350 ribu , Aslikah ? atau palsu ? Mungkin bisa asli dari kulit, tetapi dengan bahan bukan dari bahan baku Domba ( Jaket kulit dari bahan baku kulit domba merupakan  Produk unggulan dan No.1 dikelasnya ) Mungkin Palsu ? bisa jadi kulit yang anda beli jaket kulit Imitasi , untuk itu silahkan untuk melakukan uji Coba keasliannya dengan cara  memberikan api kecil kepermukaan jaket anda , tapi jangan pakai  api yang ada dikompor gas ya he..he .Kalau ternyata jaket tahan api berarti jaket asli dari bahan Kulit .Ups tapi nanti dulu bahannya dari kulit apadulu ,kok bisa murah sih ?
Untuk pertanyaan itu akan kami jelaskan sebagai berikut :
1. Jaket Kulit Domba dengan ciri-ciri sebagai berikut
a) Wana terang
b) Lentur
c) Apabila jaket dipakai tidak membuat anda kaku ( terasa nyaman )
d) Pori-pori kecil seperti halnya pori-pori kita ( untuk mengeceknya
   silahkan tarik jaket kulit anda denga 2 tangan ) pasti pori-porinya kecil kan ….!!!!
e)Tidak berbau
f) Bila sudah menjadi Jaket kulit , jaketnya biasanya tidak
 banyak sambungan , karena Domba Garut mempunyai ukuran yang
 besar disbanding kambing .
g) Cocok sekali dibuat Jas kulit
   b. Jaket Kulit Kambing dengan ciri-ciri sebagai berikut
      a) Warna agak Kusam
      b) Kurang Lentur
      c) Pori-pori agak besar Pori-pori ( untuk mengeceknya silahkan tarik  jaket kulit anda denga  2 tangan ) pasti pori-porinya kelihatan besar  dan bandingkan dengan pori-pori jaket kulit Asli
     d) Berbau Kambing
     e) Bila sudah menjadi jaket biasanya model dan potongannya banyak jahitan , ini dikarenakan bahan Jaket kulit kambing tidak  ada yang besar , beda dengan Kulit Domba yang Super Besar
   c.Jaket Kulit Sapi dengan ciri-ciri sebagai berikut
   Warna Agak KusamKaku, Pori pori kelihatan besar dan biasanya ada garis memnajang
  ( untuk mengeceknya silahkan tarik jaket kulit anda denga 2 tangan ) pasti pori-porinya kelihatan besar ada bergaris bandingkan dengan pori-pori jaket kulit Asli Jaket kulit sapi banyak diminati oleh motoris

BAGI YANG BERMINAT, UNTUK UKURAN DAN MODEL DAPAT DI SESUAIKAN.

PESAN BS

5 comments on “MEMBEDAKAN KULIT ASLI DENGAN KULIT IMITASI

  1. Boleh nih. kalo untuk pemesanan kira kira berapa lama…?

  2. ada saran satu lagi gan,,,dengan cara di tarik
    kalo jaket kulit asli gak bakalan melar seperti karet dan tentunya harga ga bakalan bisa bohong😀 hehehe

  3. Mantap gan, kapan-saya order nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: