3 Komentar

Tips menghapus page not found-error 404


BS Sudah lama tidak OL, beberapa waktu yg lalu ada yang mengalami eror 404 pada websitenya, pertama website sama sekali tidak bisa di buka, saya sarankan kemungkinan File index.php nya hilang/terhapus. caranya masuk ke Cpanel dan upload ulang file index nya.  dan ternyata benar, dan websitenya bisa di buka kembali.

tidak lama setelah itu kembali mengirim pesan, “mas, websitenya udah bisa di buka, dan terimakasih, tapi ko halaman websitnya tidak bisa di buka juga dan eror 404. gimana mas….” untuk jawabannya… baca  artikel lengkapnya.

Page not found atau error 404 merupakan kondisi dimana link URL yang dicari tidak ketemu. Hal itu bisa terjadi jikalau kita menghapus alamat URLnya ataupun mengganti permalink yang telah dibuat sebelumnya. Dengan kondisi seperti ini, halaman dari blog hanya akan memunculkan peringatan page not found saja. Dan bagi yang menggunakan mesin wordpress, dimana permalink menjadi alternatif untuk mengganti URl yang tidak search engine friendly, apabila kita mengubah permalink maka secara otomatis link-link URL blog kita akan berubah. Hal itu akan berimbas pada search engine yang sudah mengindex blog, akan mengarah kepada link-link yang mati, yang akan memunculkan error 404

Ada tipstips yang bisa digunakan untuk mencegah error 404 dari link yang berubah, berikut diantaranya :

  1. remove tool googleTips yang pertama, menghapus secara permanent URL yang sudah terindex oleh mesin pencari, dalam hal ini google karena saat ini google masih menjadi primadona search engine. Sehingga untuk menghapus URL yang sudah terindex google bisa menggunakanGoogle URL remove tool. Tentu untuk bisa menggunakan google remove tool harus login terlebih dahulu ke alamat gmail.
  2. Tips yang kedua, apabila blog bermesin wordpress, bisa menggunakan plugin pengalih URL sepertipermalinks moved permanently. Dengan plugin dari wordpress yang satu ini, perubahan permalink yang dilakukan oleh wordpress akan diarahkan menuju alamat yang identik dengan tulisan yang terkait. Sehingga tidak memunculkan lagi pesan error 404 atau page not found.

[iklan]
Lalu apa pentingnya kita menghapus link yang mati atau error tersebut ?!?

Semakin banyak link yang error akan memperburuk citra blog. Sehingga akan mematikan teknik-teknik SEO yang sudah dibangun oleh ulah link yang mati atau error tersebut. Hal itu menjadikan pengunjung yang datang melalui search engine akan menemukan error 404.

Setidaknya tips ini mengurangi bahkan menghilangkan dampak dari page not found yang dikarenakan error 404dimana alamat URL tidak tersedia. Dengan begitu, citra yang sudah lama dibangun, terlebih lagi indexing yang sudah teroptimalisasi baik melalui google maupun yang lainnya tidak hancur gara-gara ulah error 404 ini.

esss… OH IYA…… bagi pengguna wordpress, sebelum ini itu, coba periksa permalinks nya, coba kembalikan ke permalinks default wp. (pengalaman ini yg terjadi) permalink menggunakan plugin seo akan tetapi page tidak tampil/not found 404, mungkin plugin minta update. tapi setelah di kenbalikan ke defaultnya semua normal.

OK deh selamat mencoba, dan ber utak-atik ria ja. ^_^ BS

3 comments on “Tips menghapus page not found-error 404

  1. I had learned much and was more motivated to change the world than ever.

  2. duh msh bingung nih Gan caranya.. tolong dong… web saya pengin sgr selesai eh.. mlh ada 2 hal nih yg not found.. plese..dong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: